Belajar Sepanjang Hayat

Barangsiapa meniti jalan untuk mendapatkan ilmu, Allah akan memudahan baginya jalan menuju surga.

Ke Blog ->

Tarunabakti Workshop Event "Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Menyenangkan"

 

IHTTarbak2021Jan

              Pandemi COVID-19 bencana global yang berulang bagi umat manusia yang meskipun sudah menjadi kehendak Illahi tetapi bila kita jujur merupakan ulah manusia juga , terlepas dari pro kontra yang berkembang di pemikiran manusia baik sebagai bencana kesehatan biasa ataupun teori konspirasi dari sebagian dari manusia yang merasa superior untuk melakukan penjajahan baru sebagaimana pernah terjadi pada awal abad peradaban manusia dari 500 M Plague of Justinian sampai dengan awal abad 19  dengan pandemi wabah hitam, cacar air dan kolera. 

               Selain berdampak pada kesehatan umat manusia pandemi kali ini juga sangat berpengaruh pada dunia pendidikan anak didik yang merupakan generasi penerus umat manusia. Perubahan sangat mendasar dalam Pendekatan, Metode, Media, dan semua yang berkaitan pembelajaran dan pengajaran dan dalam semua  Implikasi dengan pendidikan terdorong lagi dengan perubahan peradaban umat manusia dengan didorong oleh perkembangan revolusi industri pertama (RI I) yang ditandai dengan Penemuan Mesin Uap yang merubah peradaban zaman batu mendjadi zaman industri ,(RI II) yang ditandai dengan penemuan Listrik yang semakin mengubah peradaban manusia , (RI III) yang ditandai dengan robotika dan automasi industri dipicu efisiensi kelistrikan (RI IV) yang ditandai dengan Lompatan Teknologi Informasi. 

                 Pada industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem siber-fisik, internet of things (IoT), cloud computing, dan cognitive computing. Trend ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup. Singkatnya, revolusi industri 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia.  Banyak hal yang tak terpikirkan sebelumnya, tiba-tiba muncul dan menjadi inovasi baru, serta membuka lahan bisnis yang sangat besar. Contoh terdekatnya, munculnya transportasi dengan sistem ride-sharing seperti Go-Jek dan Grab. Kehadiran revolusi industri 4.0 memang menghadirkan usaha baru, lapangan kerja baru, dan profesi baru yang tak terpikirkan sebelumnya. Tidak dapat dipungkiri, berbagai aspek kehidupan manusia akan terus berubah seiring dengan revolusi dan perkembangan teknologi yang terjadi. Memang perubahan seringkali diiringi banyak dampak negatif dan menimbulkan masalah-masalah baru. Namun, perubahan juga selalu bisa membawa masyarakat ke arah yang lebih baik. 

                  Simpulannya, revolusi industri 4.0 bukanlah suatu kejadian yang menakutkan, justru membuka peluang yang semakin luas bagi anak bangsa untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional. 

Tarunabakti Workshop Event

Paparan Pembelajaran Jarak Jauh Menyenangkan

Google Plus
{{ message }}

{{ 'Comments are closed.' | trans }}