Belajar Sepanjang Hayat

Barangsiapa meniti jalan untuk mendapatkan ilmu, Allah akan memudahan baginya jalan menuju surga.

Ke Blog ->

Tangisan sang Pemimpin Negeri Jiran ..........Malaysia kini

[video width="640" height="352" mp4="http://belajarsepanjanghayat.id/wordpress495/wp-content/uploads/2018/05/WhatsApp-Video-2018-05-21-at-14.50.17.mp4"][/video]

How new technology helps blind people explore the world

[embed]https://www.ted.com/talks/chieko_asakawa_how_new_technology_helps_blind_people_explore_the_world/transcript[/embed] https://www.ted.com/talks/chris_downey_design_with_the_blind_in_mind

Pendidikan 4.0

Industri Revolusi industri telah memasuki generasi 4.0 , ditandai dengan otomasi hampir seluruh layanan kebutuhan  hajat hidup manusia. Revolusi Industri kali ini ditandai dengan kehadiran super komputer yang saling terhubung antar sesama super komputer di seluruh penjuru bumi , bahkan dengan super komputer di angkasa raya. Pada konferensi World Economics Forums yang berlangsung di Davos Swiss(2016) setiap negara harus fokus pada arah industri yang  mengembang [caption id="attachment_132" align="aligncenter" width="465"] sumber : digitalentrepreneur.id[/caption] Super komputer yang ada menghubungkan semua kebutuhan dengan teknologi Internet of Think (IoT). Revolusi Industri 4.0 ini mempercepat inovasi-inovasi yang diwujudkan oleh sebagian manusia, seperti yang sudah ada antara lain;  big data sehingga hampir semua manusia telah terkumpul di dalam super komputer dunia, teknologi komunikasi 5G, kedaraan tanpa pengemudi/mobil pintar(smart vehicle),    AC produsen oksigen (smart AC), teknologi nano (nano technologi) Rekayasa Genetika, Syaraf Tiruan (Neuro Technology), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence AI) dan banyak lagi teknologi inovasi yang semakin mempermudah dan mempermurah pelayanan kebutuhan manusia bahkan makhluk hidup. Revolusi Industri 4.0 . Hiruk pikuk perkembangan teknologi yang berlangsung di negara negara Eropa, Amerika , China, Korea, Jepang mampu memberikan lompatan perkembangan ke arah kemudahan layanan, yang semula zaman batu semua serba manual tenaga manusia maupun hewan  menjadi tenaga mekanik seiring dengan pengolahan logam dan ditemukannya tenaga uap oleh  James Watt abad 18, ( RI 1.0), menginjak abad 19 berkembang revolusi industri 2.0 ditandai dengan kemunculan industri pembangkit listrik diawali oleh Michael Faraday, Thomas Alva Edison, Benyamin Franklin, dan diikuti dengan penemuan motor bakar sehingga menghasilkan kemudahan dalam produksi secara massal.(RI 2.0). Memasuki awal abad 20 yang ditandai dengan kemunculan inovasi komputer portabel, internet dan networking komputer yang mampu menautkan antar manusia  (social media) yang mempengaruhi pola komunikasi dan peredaran informasi di seluruh masyarakat dunia, sehingga sekaligus mempengaruhi pemenuhan kebutuhan hidup serba cepat yang berdampak pada proses produksi serta proses distribusi hasil industri secara massal dan otomatis. era revolusi industri 3.0 (RI 3.0). Pad saat ini abad 21 manusia dihadapkan pada revolusi industri 4.0 yang merupakan era industri digital seiring dengan Internet of Things (IoT) di mana semua perangkat terhubung dalam jaringan internet dunia.  Neuro Technology, Nano Technology dan Artificiall Intelligence berkolaborasi menjadi perangkat cerdas (smart things/smart robot) yang saling terhubung mampu menghasilkan lompatan ekonomi  yang sangat tinggi sehingga proses produksi maupun proses distribusi berubah dengan sangat cepat dan memotong banyak tahapan produksi hasil industri itu sendiri. hal ini ditandai dengan kemunculan Amazon, Alibaba, Uber, Grab di dunia dan Go-Jek (dan turunannya) yang mampu mengadaptasi teknologi digital mampu mengubah pola kehidupan konsumsi manusia, yang pada akhirnya memacu produktivitas dan daya saing industri kecil dan menengah sehingga mampu menembus pasar ekspor karena mereka memiliki outlet di yang dapat di akses oleh konsumen di seluruh dunia. (RI 4.0). Pendidikan https://youtu.be/R__0TRRgtH8 RI. 4.0 telah mampu memberikan dorongan baru untuk menciptakan banyak inovasi-inovasi pendidikan.  dalam beberapa tahun terakhir para pakar pendidikan dunia telah mengakui dampak dari teknologi informasi dan komunikasi (ICT) pada bidang pendidikan. Seiring dengan revolusi industri yang memasuki generasi ke empat maka pendidikan pun harus sudah memasuki generasi yang sama, Pendidikan 4.0 akan dibentuk oleh banyak inovasi-inovasi yang memaksa setiap pendidik maupun peserta didik untuk melakukan inovasi-inovasi dalam persiapan pembelajaran, proses pembelajaran sehingga menghasilkan inovasi-inovasi pembelajaran/pendidikan . Kemunculan cabang baru pengetahuan yakni big data diikuti dengan ilmu penyimpanan big data dalam data ware house serta pengolahannya dengan ilmu pencarian dan pemrosesan data dengan data minning    telah mampu membuat inovasi-inovasi, antara lain inovasi otak manusia tiruan sehingga dunia kedokteran menjadi lebih effisien dan lebih akurat, mengubah pengacara mampu memprediksi kemungkinan menang atau kalah di pengadilan, mampu membuat calon legislatif/calon bupati/calon walikota / calon gubernur/ calon presiden mampu memprediksi tingkat elektabilitas serta kemungkinan menang kalahnya. Dari semakin banyaknya implikasi-implikasi dari terjadinya revolusi industri , memaksa pendidikan juga harus mampu meminimalisir dampak negatif dari setiap RI, Dalam konteks revolusi industri sekarang ini diperlukan inovasi-inovasi pendidikan agar mampu memberikan arah maupun kompetensi manusia untuk menyikapi dan menyesuaikan dengan perkembangan industri. Inovasi pendidikan pada kontens maupun proses mempelajari kontens tersebut, baik kontens teknik maupun konteks umum humaniora. Di era revolusi industri 4.0 ini pendidikan harus hadir dengan kerangka baru yang mampu menghasilkan lulusan yang dapat memiliki pengetahuan , sikap dan ketrampilan untuk hidup pada zaman digital. hal ini dikarenakan hampir semua lapangan kerja / lapangan pekerjaan menuntut calon tenaga kerja untuk memiliki kreativitas tinggi. Pengelola pendidikan di era sekarang harus lebih serius lagi untuk melakukan perubahan-perubahan dalam pengelolaan domain konten pendidikan baik ( sikap, pengetahuan dan ketrampilan ) secara terintegrasi dengan baik .  di negara-negara maju yang telah mampu ikut mewarnai revolusi industri 4.0 sudah dapat menyesuaikan pendidikan di negaranya menjadi pendidikan 4.0 juga hal ini diwujudkan dengan pengelolaan pendidikan domain ( sikap, pengetahuan dan ketrampilan )  secara terintegrasi dari tingkat negara kementerian dalam hal ini sampai di ruang-ruang kelas guru dalam proses pembelajarannya. para pengelola pendidikan di negara maju justeru sudah menerapkan PPK, 4C dan Literasi dengan baik dan benar  hal ini mewujud dalam banyak inovasi - inovasi teknologi yang dihasilkan dari bangku ruang-ruang kelas menjadi produk teknologi yang ramah manusia maupun ramah lingkungan. salah satu contoh ; kemunculan teknologi 3D Printing Home yang mampu menjadi solusi pembuatan rumah murah dan cepat sehingga mampu membantu umat manusia di belahan bumi lainnya menjadi terlayani dan hidup layak, seperti pada video youtube berikut ini https://youtu.be/wCzS2FZoB-I

Guru Sang Pemimpin Perubahan

Hampir setiap perubahan zaman di setiap generasi  dan pada setiap bangsa , setiap negara Guru sebagai  pelopor Perubahan.....

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2  Mei 2018

https://www.youtube.com/watch?v=m3N9EMpSGQM Karena  Sang Guru lah penuntun generasi masa depan https://youtu.be/XEFAomqw4uI https://m.facebook.com/groups/1728522864075555?view=permalink&id=2119498554977982